M Nasir Siapkan Surat Edaran Transparansi Pemilihan Rektor
Kamis, 03/11/2016 - 08:41:20 WIB
M Nasir
M Nasir

JAKARTA-Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir mengatakan sedang mempersiapkan surat edaran kepada seluruh perguruan tinggi di Indonesia terkait proses pemilihan rektor. Menurut Nasir, seorang calon rektor terpilih nantinya harus lolos dua kualifikasi penting.

"Jangan ada permainan dalam pemilihan rektor. Pemilihan rektor harus bersih dari praktik suap maupun permainan lain. Kami sedang siapkan SE untuk menghindari praktik kecurangan pemilihan rektor," ujar Nasir seperti dilansir republika, Jakarta, kemarin

Menurut Nasir, SE akan segera diedarkan ke seluruh perguruan tinggi. Dirinya kembali menegaskan bahwa kewenangan 65 persen suara senat saat pemilihan rektor harus dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Sementara terkait kewenangan 35 persen kewenangan suara menteri dalam pemilihan rektor, Nasir menegaskan jika dirinya tidak pernah melakukan penyalahgunaan. Dia menuturkan, ada dua kriteria yang harus dipenuhi oleh calon rektor terpilih.

"Pertama, harus memiliki kompetensi. Sebab kompetensi itu penting. Kedua harus bersih dari catatan inspektorat. Jika ada potensi kasus tertentu, maka saya tolak, sesuai dengan kewenangan yang saya miliki," kata Nasir.(kt5)






comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved