Soal Pelantikan Syamsuar-Edy, Pemprov Riau Tunggu Jadwal Kemendagri
Senin, 09/07/2018 - 16:35:11 WIB

PEKANBARU - Pelantikan gubernur dan wakil gubernur Riau, Syamsuar-Edy Natar Nasution dikabarkan diundur sampai Juni 2019. Padahal akhir masa jabatan gubernur Riau berakhir Februari mendatang.

Menanggapi kabar tersebut, Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau, Sudarman membantah isu tersebut. Sebab pihaknya juga belum mendapat informasi jadwal dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait jadwal pelantikan.

"Belum tahu lagi, kan masih lama. Kami saja belum mendapat jadwal pasti dari Kemendagri soal pelantikan itu," kata Sudarman kepada wartawan, Senin (9/7/2018).

Meski demikian, Sudarman mengatakan sesuai aturan pelantikan gubernur terpilih setelah Akhir Masa Jabatan (AMJ) gubernur lama.

"Kalau aturannya lazimnya kan setelah AMJ. Kita tunggu saja karena jadwal pasti dari Kemendagri juga belum kami terima," ujarnya.

Sebelumnya Kemendagri menegaskan pelantikan kepala daerah terpilih Pilkada serentak 2018 dilakukan dalam dua waktu berbeda yakni pada September 2018 dan Maret 2019.

Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri RI, Soni Sumarsono mengatakan, khususnya untuk pelantikan Gubernur Riau (Gubri) dan Wagubri terpilih dilakukan pada periode kedua di Jakarta oleh Presiden RI.

Pernyataan Soni ini sekaligus menepis isu yang mengatakan pelantikan kepada daerah terpilih periode 2019-2024 pada Juni 2019.

"Ada dua kali pelantikan untuk kepala daerah hasil Pilkada 2018 ini. Pelantikan pertama digelar pada 17 September 2018. Pelantikan ini bagi kepala daerah menjabat yang akhir masa jabatannya sebelum tanggal dimaksud. Atau apabila ada gubernur dan wali kota/bupati yang berakhir sebelum 17 September, maka kepala daerah terpilih dilantik pada jadwal yang disiapkan," terangnya.

"Kalau akhir masa jabatannya lewat tanggal 17 September 2018, maka dilantik Maret 2019," sambung mantan Pj Gubernur DKI Jakarta ini.

Dengan demikian, maka pelantikan gubernur dan wakil gubernur Riau terpilih, Syamsuar dan Edy Natar Nasution diperkirakan akan digelar pada periode kedua atau Maret 2019.

Sebab jabatan Gubernur definitif yakni Arsyadjuliandi Rachman (Andi Rachman) dan wakilnya, Wan Thamrin Hasyim bakal berakhir pada Februari 2019 sesuai akhir masa jabatannya. (clc)





comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved