Kemenristek Akan Gelar Business Innovation Gathering 2019
Rabu, 18/12/2019 - 19:56:40 WIB

katariau.com,Jakarta-Untuk mensinergikan akademisi, pebisnis, pemerintah dan masyarakat guna mendorong inovasi industri nasional, hilirisasi dan publikasi produk inovasi,  Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) akan menggelar Business Innovation Gathering (BIG) 2019  di LIPI Grand Ballroom, Jalan Gatot Soebroto No. 10 Jakarta Selatan, Kamis (19/12).

“Tujuan dan sasaran  penyelenggaraan BIG 2019 ini, antara lain Sinergitas ABGC (akademisi, bisnis, pemerintah dan masyarakat), peningkatan kapasitas inovasi industri nasional,  kolaborasi antara lembaga litbang/perguruan tinggi, mendapatkan dukungan kebijakan dan program pemerintah, dan bentuk pertanggungjawaban publik hasil-hasil penguatan inovasi “B,” kata Menristek/Kepala BRIN Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro pada acara konferensi pers BIG 2019 di Gedung BPPT, Jakarta, Selasa (17/12).
 
Beberapa kegiatan strategis yang akan dilaksanakan dalam penyelenggaraan  BIG 2019, antara lain : Innovation Show, merupakan ajang business matching antara inovator bersama KADIN, venture capital, pelaku industri dan asosiasi. Akan dihadiri oleh sekitar 300 (tigaratus) undangan, meliputi: KADIN, Pelaku Industri, LPNK Ristek, Rektor PTNBH, CEO Start Up, Start Up, Lembaga Litbang, Venture Capital, Asosiasi di bidang Pangan, Kesehatan & Obat, TIK, Inovator & Inventor, Klaster Inovasi, Masyarakat Umum dan Media Massa.

Kegiatan ini akan diawali dengan keynote speech oleh pembicara utama, yaitu: Menteri Riset  & Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, SE, M.U.P., Ph,D, dan Wakil Ketua Umum KADIN Bidang Telematika, Penyiaran dan Ristek, Dr. Ilham Habibie.

Kemudian, Forum Dialog Terbatas, sebagai bagian kegiatan BIG 2019, dilaksanakan secara terpisah dengan acara Innovation Show. Forum dialog antara Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, dengan para Pelaku R&D Industri Besar dan CEO Start Up, diharapkan akan ada titik temu antara kebijakan R&D kelitbangan dan inovasi yang dikeluarkan oleh pemerintah dengan para industri. Sehingga akan ada percepatan hilirisasi produk inovasi, yang akan dapat meningkatkan daya saing bangsa kedepannya.

Dalam BIG 2019 tersebut, juga diadakan Pameran Start Up/PPBT dan Produk Unggulan  Inovasi, bidang Pangan, Kesehatan & Obat, dan TIK. Pameran ini, digelar dalam 4 (empat) island booth yang terbuka, tanpa sekat. Sehingga pengunjung dapat leluasa melihat ke empat island produk start up maupun inovasi unggulan yang masing-masing berbeda-beda. Ke empat island booth meliputi: start up dengan 34 produk (pangan, kesehatan & obat, teknologi informasi dan komunikasi); inovasi bidang pangan berjumlah 14 produk; bidang kesehatan & obat 31 produk, dan bidang teknologi informasi & komunikasi terdiri dari 29 produk.

“Dari pameran ini diharapkan akan terjadi proses business matching antara inovator selaku produsen inovasi, dengan para venture capital, sehingga akan terjadi deal dalam rangka menghilirkan produk inovasi nasional,” paparnya.

Dalam acara ini, juga akan dilakukan Penandatangan Kerjasama (PKS), dalam rangka mendukung hilirisasi produk inovasi, akan dilakukan kerjasama Kementerian Riset dan Teknologi/BRIN maupun LPNK Ristek dengan industri, melalui penandatangan kerjasama pada acara BIG 2019 yang meliputi:
PKS: antara ARC Universitas Syahkuala, Pemkab. Aceh Jaya, dengan PT Haldin, tentang Pengembangan Komoditi Nilam Aceh. Perjanjian Lisensi: Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam (BPTBA) LIPI dengan CV. Palma Persada, tentang Suplemen Pakan Unggas Berbasis Tepung Cacing Tanah sebagai Antipuloru, dan Proses Pembuatannya.

BPTBA LIPI dengan CV. Palma Persada, tentang Sediaan Antioksida Berbahan Dasar Herbal untuk Unggas, dan Proses Pembuatannya, serta Letter of Intens: Kemenristek/BRIN dengan GK-Plug and Play Indonesia, tentang Pengembangan Inkubator dan Start Up Nasional. BIG 2019, dalam pelaksanaannya didukung oleh LPNK Ristek, meliputi: BPPT, LIPI, BATAN, dan LAPAN. ((sairi)




comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved