Untungkan Pedagang, Pemkab Rohil Dukung Berbagai Kebudayaan Warga Tionghoa
Rabu, 20/02/2019 - 21:55:58 WIB
Malam Cap Go Meh di Rohil.<br>
Malam Cap Go Meh di Rohil.

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) sangat mendukung berbagai iven kebudayaan dan kesenian warga Tionghoa. Pasalnya, Kegiatan warga Tionghoa itu dinilai mampu mendatangkan puluhan ribu wisatawan dari berbagai daerah di tanah air dan manca negara setiap tahunnya.

"Kita sangat mendukung sekali kegiatan kesenian dan kebudayaan yang dilaksanakan warga Tionghoa setiap tahunnya. Karena selain mampu mendatangkan wisatawan tentunya juga mampu meningkatkan perekonomian bagi para pedagang kita," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Rohil Drs H Surya Arfan MSi usai melepas Festival Pawai Lampion perayaan malam Cap Go Meh 2570, Selasa (19/2) malam di depan Yayasan Multi Marga Bagansiapiapi.

Iven kesenian maupun kebudayaan yang mampu mendatangkan wisatawan, sebut Surya Arfan, seperti perayaan Imlek, Cap Go Meh, Cheng Beng, dan puncaknya adalah Ritual Bakar Tongkang. Kesemua iven kebudayaan warga Tionghoa itu sangat mampu mendatangkan puluhan ribu pengunjung di Negeri Seribu Kubah yang tentunya juga mampu menambah Pendapatan Asil Daerah (PAD) di sektor pariwisata.

"Intinya Pemkab Rohil memberikan apresiasi kepada Yayasan Multi Marga Bagansiapiapi yang telah sukses melaksanakan perayaan malam Cap Go Meh. Kegiatan semacam ini memang memiliki keunikan dan kekhususan bagi kita jika dibandingkan daerah lainnya. Dan ini tentunya salah satu aset yang harus bersama-sama kita jaga dan lestarikan," tutupnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Pelaksana Malam Cap Go Meh, Kho Beng alias Rendi Gunawan mengatakan, dengan diadakannya perayaan Malam Cap Go Meh dengan menggelar Festival Pawai Lampion bertujuan untuk mengangkat budaya daerah. Dimana kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama dengan masyarakat dan donatur yang sukses untuk membantu membiayai ini. "Tanpa para bantuan donatur kegiatan ini tidak akan terlaksana, karena biayanya sangatlah besar," ucapnya.

Festival lampion malam perayaan Cap Go Meh dihadiri oleh Sekda Rohil Drs H Surya Arfan MSi, Ketua DPRD Rohil H Nasruddin Hasan, Para Asisten dan Kepala OPD, Kapolsek Bangko Kompol James Rianov Shaloom Raja Gukguk SIk MH, Danramil 01/Bangko, Lintas Etnis dan Undangan lainnya. (in/ch)





comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved