Ada Bendi di Kawasan RTH, Ini Kata Dishub Pekanbaru
Rabu, 05/09/2018 - 08:05:47 WIB

PEKANBARU - Ibarat pepatah, jika disitu ada gula maka disitu banyak semut. Ini pula yang terjadi di kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang ada di Kota Pekanbaru.

Sejak diresmikan sebagai wadah bagi masyarakat untuk meluangkan waktu bersama keluarga, kawasan RTH tidak hanya dipadati pengujung melainkan berubah menjadi kawasan bagi Pedagang Kaki Lima (PKL).

Yang terbaru, kawasan RTH di Kaca Mayang Jalan Sudirman, tidak hanya diramaikan odong-odong atau motor hias keliling, tapi ada juga bendi yang memberikan pelayanan secara terbuka dan diperuntukan untuk umum bagi masyarakat.

Dari pantuan di lokasi RTH, keberadaan bendi terlihat bebas beroperasi di Jalan-jalan umum yang berpotensi dapat mengganggu arus lalu lintas bagi pengguna kendaraan lainnya.

Menanggapi adanya bendi yang beroperasi di kawasan RTH, Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Kendi Harahap melalui Kepala Seksi Pengawasan Lalu Lintas Jalan, Bambang Armanto, langsung angkat bicara.

"Iya, sore kemarin kita sudah turun untuk menertibkan keberadaan bendi di kawasan RTH. Sesuai aturan, bendi kan memang dilarang beroperasi di Jalan Umum. Makanya kita arahkan kepada pemiliknya untuk tidak lagi menjalankan aktifitas di kawasan padat pengguna lalu lintas," kata Bambang, Rabu (5/9/2018).

Bambang menyebut, untuk memastikan keberadaan bendi agar tidak beroperasi di kawasan RTH, pihaknya sudah memberikan pengarahan kepada pemiliknya langsung.

"Keberadaan bendi ini kan hanya boleh beroperasi di objek-objek wisata, misalnya di Alam Mayang. Kalau beroperasi di jalan umum tentu akan sangat mengganggu. Tentu aspek keselamatan pengguna jalan lainnya juga harus kita pikirkan," ungkapnya.

Terakhir, Mantan Kepala UPTD Parkir Dishub Kota Pekanbaru mengatakan jika keberadaan bendi tetap dibiarkan, maka pemilik bendi yang lainnya juga akan berbondong-bondong memberikan pelayanan secara bebas di kawasan RTH.

"Jadi kalau dibiarkan bebas nanti malah makin payah saat hendak ditertibkan. Makanya, kemarin kita tertibkan dan sudah pastikan agar keberadaan bendi tidak lagi beroperasi di kawasan RTH," pungkasnya. (clc)





comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved