Walikota Firdaus Genjot BUMD untuk Terus Berinovasi
Minggu, 08/07/2018 - 06:39:01 WIB

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan menyerahkan tanggungjawab beberapa usaha yang awalnya dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) ke Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan yang telah resmi menjadi Perseroan Terbatas (PT) Sarana Pembangunan Pekanbaru (SPP) sejak 1 Juli 2016.

Salah satu yang akan kembali dikelola PT SPP diantaranya pengelolaan Sarana Angkutan Umum Massal (SAUM) bus Trans Metro Pekanbaru (TMP), Danau Bandar Kayangan, Kawasan Industri Tenayan, Telekomunikasi, Pasar Tradisional dan Jaringan City Gas.

Walikota Pekanbaru, Firdaus, mengatakan jika penyerahan beberapa unit usaha yang sebelumnya dikelola oleh Pemko Pekanbaru masih belum berjalan dengan maksimal. Untuk itu, Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan Kota Pekanbaru memiliki tugas besar agar beberapa unit usaha berjalan dengan maksimal dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Pekanbaru.

Khusus untuk Jaringan City Gas yang sudah mengaliri ribuan rumah tangga di Pekanbaru, Firdaus berharap agar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat bisa terus ditingkatkan.

"Saya sangat senang mendengar bahwa di tahun 2017 PT. Sarana Pembangunan Energi Madani (Anak Perusahaan BUMD Pekanbaru,red) yang khusus mengelola jaringan gas kota telah memperoleh keuntungan. Untuk itu, saya berharap pelayanan ini bisa terus ditingkatkan dan dimaksimalkan," kata Firdaus, Sabtu (7/7/2018).

Walikota Pekanbaru dua periode ini menyebut, untuk tahun ini PT SPEM sedang menjalankan program pendataan calon pelanggan komersil (rumah makan, hotel dan mall serta komplek perumahan elit) yang ingin menjadi pelanggan Jaringan Gas Kota Pekanbaru.

"Untuk itu bagi para konsumen ataupun calon pengguna komersil untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan menggunakan Jargas karena ketersediaan gas lebih terjamin, lebih aman dan dari sisi harga jauh lebih murah dari pada menggunakan gas tabung," ungkapnya.

Firdaus menyebut, dari beberapa sosialisasi yang telah dilakukan PT SPEM bersama PT Pertagas Niaga diterima sangat antusias oleh para pengguna jargas dan para calon pelanggan komersil dan mereka berharap dapat segera dibangun jaringan distribusinya.

Bahkan, salah satu mall yang baru saja beroperasi langsung mengajukan permohonan kepada pihak Pertagas Niaga agar memperoleh prioritas.

Selain itu juga untuk tahun depan, telah diajukan untuk calon pelanggan baru di 3 kecamatan yakni (Senapelan, Sukajadi dan Marpoyan Damai) sebanyak 10.000 SR kepada Dirjen Migas Kementerian ESDM.

"Untuk jumlah sambungan rumah tangga yang telah tersambung jaringan gas untuk Kecamatan Lima Puluh (3713 SR), Pekanbaru Kota (2179 SR) dan Sail (921 SR) sebanyak 6.813 SR. Dari jumlah tersebut yang sudah teraliri gas Kecamatan Lima Puluh 2786 SR dan Pekanbaru Kota 429 SR," pungkasnya. (clc)





comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved